HIMA K3 NEWS UPDATE — Arti Warna Helm Safety👷

Ketika kita melihat sebuah proyek pembangunan, kita pasti melihat banyak warna helm yang digunakan. Warna helm yang digunakan tentunya memiliki arti tersendiri.
Ingin tahu apa saja arti warna helm safety? Yuk simak penjelasannya pada gambar diatas!
Update informasi terbaru kami di:
Instagram : @ohsbinawan
Facebook : Ohs Binawan
Twitter : @ohsbinawan
Salam HIMA K3 STIKes Binawan 2017
👷Safety is everyone’s need! 👷
By | 2018-07-16T10:51:09+00:00 July 16th, 2018|Publications|0 Comments

Our Events on July🔥

Have you enjoyed our last event? The Occupational Health and Safety Up Coming event is updated! Are you wondering what are the events in HIMA K3 during July? Let’s make a note of these events and don’t forget to come and participate!
Check out our social media for news update👏
Instagram : @ohsbinawan
Facebook : Ohs Binawan
Twitter : @ohsbinawan
Salam HIMA K3 STIKes Binawan 2017
👷Safety is everyone’s need! 👷
By | 2018-07-16T10:47:30+00:00 July 16th, 2018|Publications|0 Comments

HIMA K3 NEWS UPDATE — Rambu Keselamatan

Rambu-rambu keselamatan atau biasa dikenal dengan istilah safety sign adalah peralatan yang bermanfaat untuk membantu melindungi kesehatan dan keselamatan yang sedang berada di tempat kerja.
Rambu-rambu keselamatan diatur dalam Undang-undang no 1 Tahun 1970 Pasal 14b dan Permenaker No. 05/MEN/1996 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kriteria audit 6.4.4
Ingin tahu apa saja jenis rambu keselamatan? Yuk simak penjelasannya pada gambar diatas!
Update informasi terbaru kami di:
Instagram : @ohsbinawan
Facebook : Ohs Binawan
Twitter : @ohsbinawan
Salam HIMA K3 STIKes Binawan 2017
👷Safety is everyone’s need! 👷
By | 2018-07-16T10:42:51+00:00 July 16th, 2018|Publications|0 Comments

HIMA K3 Research — Pengaruh Pola Tidur Terhadap Konsentrasi Belajar

Belakangan ini, pola tidur para mahasiswa sudah tidak teratur lagi. Bagaimana tidak, tuntutan tugas yang banyak membuat mereka mau tidak mau harus bergadang demi menyelesaikan tugas mata kuliahnya. Bergadang merupakan aktivitas yang mengurangi jumlah waktu tidur setiap harinya. Pada umumnya waktu tidur normal setiap orang adalah 7-8 jam sehari. Namun, waktu tidur mereka berkurang karena tuntutan tugas dan berbagai macam hal yang menyebabkan mereka harus tidur larut malam atau bahkan membuat waktu tidurnya berantakan dan tidak terpola lagi. Hal ini dapat berdampak serius bagi kesehatan badan maupun mental. Karena pada jam-jam malam tertentu bagian tubuh tertentu akan berkerja selama tubuh kita tidur maka proses-proses yang terjadi didalam tubuh tidak akan terjadi dan menyebabkan gangguan kesehatan. Daya tahan tubuh dapat bekerja dengan baik jika kita cukup tidur. Karena tidur merupakan suatu kebutuhan yang harus diperhatikan oleh setiap orang.

Tidur berasal dari kata bahasa latin “somnus” yang berarti alami periode pemulihan, keadaan fisiologi dari istirahat untuk tubuh dan pikiran. Tidur adalah sesuatu hal yang dilakukan manusia untuk menghilangi rasa letih setelah seharian beraktivitas. Setiap menusia memerlukan istirahat dan tidur yang cukup.

Tidur sangat penting bagi tubuh. Karena pada saat tidur sebagian organ tubuh termasuk otak akan beristirahat. Jika kita kurang tidur maka otak kita pun kurang istirahat, hal itu menyebabkan konsentrasi belajar menjadi terganggu. Jam biologis merupakan pengatur waktu internal dalam tubuh yang bekerja secara otomatis. Jam biologis manusia sudah terprogram secara genetik untuk menentukan waktu bangun dan tidur kita. Setiap orang memiliki jam biologis yang berbeda-beda tergantung pada umurnya. Jika kita melawan jam biologis maka akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Ada beberapa teori menyatakan tidur dapat bermanfaat untuk mengisi otak secara elektrik dan memulihkan bahan-bahan kimia otak pada tingkat yang cukup. Maka dari itu, kekurangan tidur sangat menggangu kekuatan otak kita. Karena energi yang dibutuhkan otak tidak maksimal.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tidur dan otak merupakan dua hal yang saling berkaitan. Berikut ini ialah paparan tentang kaitan antara tidur dengan otak kita :

Tidur membantu bekerjanya otak
Tidur memainkan peranan yang sangat penting dalam bekerjanya otak. Karena selama tidur, otak memperbaiki dirinya sendiri dan merangsang pembentukan sistem kekebalan. Dimana sistem kekebalan tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kebugaran fisik kita. Apabila kita kurang tidur, tentu otak juga kekurangan waktunya untuk memperbaiki dirinya sendiri. Atau istilahnya me-refresh. Sehingga sangat sulit bagi otak untuk melakukan kembali kerja optimal seperti semula.

Saat kita tidur, otak juga mengonsolidasi informasi yang dipelajari di hari sebelumnya. Jadi, sebaiknya sebelum ulangan kita menghindari belajar semalam suntuk. Tetapi, sempatkanlah waktu untuk tidur. Hingga saat terbangun, kita kembali bugar. Jadi bisa disimpulkan, penyegaran tidur dapat memperbaiki kelelahan, kekebalan, memori, dan konsentrasi.

Tidur berkaitan dengan proses mengingat
Hal ini sudah terbukti melalui riset yang dilakukan oleh para ahli terhadap kucing. Para ahli menemukan bahwa tidur secara dramatis meningkatkan beberapa perubahan yang terjadi di antara sel-sel saraf di otak. Perubahan tersebut berada di bawah kendali otak yang mengatur perilaku, belajar, dan mengingat.

Tidur mengonsolidasi pengalaman.
Mengonsolidasi yang dimaksud disini ialah mencerna ulang, memahami, mengingat, dan memproses segala sesuatu yang sudah diterima otak kita. Pengalaman dan segala materi yang didapat pada waktu sebelumnya akan dengan mudah dicerna ulang oleh otak jika kita melakukan tidur yang cukup. Hal ini sudah terbukti dengan kucing (dalam penelitian) yang dibiarkan tidur selama enam jam ternyata lebih mudah beradaptasi daripada kucing yang tidak tidur.

Kemampuan otak untuk mengonsolidasi pengalaman saat tidur sangat berguna di saat kita akan menghadapi ujian. Jika kita selesai belajar, istirahatkanlah otak kita dengan tidur. Karena di saat tidur itu, otak berusaha mengingat kembali memori belajar kita.
Peneliti Prof. Michael Stryker berkata, ”Penelitian ini menunjukkan bahwa jika Anda membaca ulang catatan sampai Anda lelah dan kemudian tertidur, Anda akan memperoleh informasi lebih kuat atau sama dengan ’belajar’ dalam otak seperti jika Anda memasukkan materi tersebut sepanjang malam.”

Dampak Buruk Dari Pola Tidur Yang Tidak Baik
Para ahli mengungkapkan, kurang tidur akan membuat kemampuan motorik kita melambat dan kurang gesit. Akibatnya, kita jadi sering gugup, menabrak atau menumpahkan sesuatu. Hal itu disebabkan refleks kita berkurang dan otak kita kurang fokus sehingga kita jadi terlihat seperti orang ceroboh.

Tidur yang cukup dan berkualitas adalah bagian penting agar tubuh sehat. Karena pada saat tidur malam hari saatnya proses regenerasi sel dari dalam. Bila kita kurang tidur, otomatis daya tahan tubuh akan melemah. Tubuh akan mudah terserang virus yang ringan, seperti flu dan batuk. Walaupun kita mengatur pola makan, tanpa diimbangi tidur yang berkualitas, daya tahan tubuh akan tetap melemah.

Kurang tidur dapat memengaruhi penafsiran tentang peristiwa. Keadaan tubuh yang lemas membuat kita tidak bisa menilai situasi secara akurat dan bijaksana. Mereka yang kurang tidur sangat rentan terhadap penilaian buruk ketika sampai pada saat menilai apa yang kurang terhadap sesuatu. Dalam dunia yang serba cepat saat ini, kebiasaan tidur menjadi semacam lencana kehormatan.

Tidur yang baik sangat berperan penting dalam berpikir dan belajar. Kurang tidur dapat mempengaruhi banyak hal. Pertama, dapat mengganggu kewaspadaan, konsentrasi, penalaran, dan pemecahan masalah. Hal ini membuat belajar menjadi sulit dan tidak efisien. Kedua, siklus tidur pada malam hari berperan dalam “menguatkan” memori dalam pikiran. Jika tidak cukup tidur, maka kemampuan mengingat hal-hal yang dipelajari dan dialami selama seharian akan menurun. Menurut Sean Drummond PhD, seorang peneliti masalah tidur dari University of California, San Diego, orang yang sedang capek biasanya lebih mudah mengambil risiko dengan harapan mendapat hasil maksimal. Padahal, hal itu justru sering membuat rencana berantakan. Alhasil, mahasiswa jadi tidak bisa berkonsentrasi saat belajar karena pada malam harinya kekurangan tidur dan saat di kampus pun jadi tertidur di kelas. Akibatnya konsentrasi belajar pun jadi menurun. Maka dari itu, kita para mahasiswa harus lebih memperhatikan pola tidur dengan baik untuk menghindari dampak-dampak buruk yang diakibatkan oleh pola tidur yang tidak baik.

By | 2018-07-07T16:01:13+00:00 July 7th, 2018|Publications|0 Comments

Selamat Menempuh Ujian Akhir Semester

Sukses bukan tentang waktu,
Tapi tentang usaha.
Siapa yang bersungguh-sungguh,
Maka ia akan berhasil.
Tetap fokus dan jangan menyerah!
 
Selamat menempuh UAS, K3! Semoga kita semua mendapatkan hasil yang memuaskan.
 
Salam HIMA K3 STIKes Binawan 2017
👷Safety is everyone’s need! 👷
By | 2018-07-02T10:19:48+00:00 July 2nd, 2018|Publications|0 Comments

Our Events on June🔥

Have you enjoyed our last event? The Occupational Health and Safety Up Coming event is updated! Are you wondering what are the events in HIMA K3 during June? Let’s make a note of these events and don’t forget to come and participate!
Check out our social media for news update👏
Instagram : @ohsbinawan
Facebook : Ohs Binawan
Twitter : @ohsbinawan
Salam HIMA K3 STIKes Binawan 2017
👷Safety is everyone’s need! 👷
By | 2018-07-02T10:14:02+00:00 July 2nd, 2018|Publications|0 Comments

Selamat Hari Lahir Pancasila

Pancasila terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas.
Hari Pancasila adalah hari lahirnya Pancasila sebagai satu-satunya sebuah Ideologi dan Dasar Negara yang hanya dimiliki oleh Bangsa Indonesia di Dunia.
Salam HIMA K3 STIKes Binawan 2017
👷Safety is everyone’s need! 👷
By | 2018-07-02T10:11:36+00:00 July 2nd, 2018|Publications|0 Comments